Cara Terbaik Untuk Menyimpan Kopi Dengan Benar

tips dan cara menyimpan kopi dengan benar

Cara Terbaik Untuk Menyimpan Kopi Dengan Benar

Terkadang kita merasakan rasa pada kopi yang kita simpan memiliki rasa yang berbeda dari sejak pertama membeli, mungkin dari situ kita salah dalam menyimpan kopi tersebut, baik itu kopi bubuk maupun kopi biji. Kopi yang disimpan berbulan – bulan (baik bubuk maupun biji) akan mengubah rasa dan aroma kopi, kesegaran kopi dan yang terburuk akan menyebabkan kopimu basi.

  1. Simpan dalam bentuk biji

Sebelumnya, jika ada pertanyaan “Kenapa harus biji kopi?” pada judul diatas. Itu karena kopi sangat mudah teroksidasi, oleh karena itu kesegarannya akan menurun sesaat setelah bijinya digiling. Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus menyimpan dalam bentuk biji, dan juga kopi lebih baik dinikmati sesaat setelah bijinya digiling, bukan melalui bubuk kopi yang telah berhari-hari disimpan.

  1. Wadah untuk menyimpan kopi

Pilihlah tempat atau wadah penyimpanan yang kedap udara seperti papper bag yang memang menjadi tempat awal saat kita membeli kopi. Tapi hal itu akan menjadi tak baik lagi apabila kita sudah menggunakan sebagian kopi dan ingin menutupnya kembali. Maka sebaiknya menyimpan kopi pada tempat yang benar” kedap udara, seperti toples atau yang lainnya. Menyimpan kopi harus di tempat yang mengeluarkan udara tapi tanpa memasukkan udara. Karena biji kopi yang baru di-roasting atau digoreng akan menghasilkan gas, gas tersebut yang harus dikeluarkan secara teratur.

  1. Suhu ruangan dan intensitas cahaya

Seperti bahan makanan lain, suhu dan ruangan penyimpanan sangat berpengaruh terhadap kualitas kopi. Terlebih sifat kopi ialah menyerap bau, maka jauhkan kopi dari benda atau makanan yang memiliki bau yang sangat pekat. Simpanlah kopimu di tempat yang sejuk, gelap dan terhindar matahari agar kesegarannya terjaga dan rasanya tak berubah. Meskipun sejuk, sangat tidak disarankan untuk menyimpan kopi di dalam kulkas, karena suhu yang terlalu dingin dapat menurunkan kualitas dari kopi itu sendiri. Bahkan tempat yang terlalu lembab juga sebaiknya dihindari.

  1. Jangka waktu penyimpanan

Sebaiknya kopi yang telah disangrai tidak boleh lebih dari dua bulan disimpan, karena dapat kehilangan rasa dan aroma dikarenakan penguapan dari kopi itu sendiri dan mungkin juga sudah basi. Lebih baik menggunakan kopi selang beberapa hari setelah disangrai karena masih segar. Tidak ada salahnya jika kita membeli kopi dalam jumlah kecil dan berulang-ulang daripada membeli kopi dalam jumlah banyak lalu menumpuknya di rumah, yang bisa saja menjadi basi dan tidak terpakai.

 

Semoga artikel diatas dapat membantu. Terima Kasih

0 comments on “Cara Terbaik Untuk Menyimpan Kopi Dengan BenarAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *