5 Manfaat kopi untuk kesehatan tubuh

5 Manfaat kopi untuk kesehatan tubuh

Apa kabar sahabat kopi? Kita semua sudah tahu kandungan Kafein dan Antioksidan di dalam kopi yang sangat tinggi dan memiliki banyak manfaat, kopi juga sangat baik bagi Jantung. Untuk kali ini kita akan mengulas tentang beberapa manfaat kopi yang mungin belum kita ketahui sebelumnya. Tetapi sebelumnya kita harus tahu kandungan nutrisi apa saja yang ada pada kopi.

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
  • Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Itu adalah Nutrisi yang terdapat pada kopi yang dihitung dari AKG. Sekarang kita akan mengulas manfaat apa saja sih yang ada pada kopi?

Mencegah Kanker

Tali pita penyakit kenker

Tali pita penyakit kenker

Ada banyak penyakit kanker yang dapat dicegah oleh kopi, diantaranya.

  • Kanker Usus. Tim dari National Cancer Institute mempelajari kebiasaan warga Amerika selama kurang lebih limabelas tahun, mereka menemukan orang – orang yang mengkonsumsi kopi memiliki risiko kanker usus sebesar 15% lebih rendah dari orang -orang yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali.
  • Kanker Kulit. Para peneliti di Brigham and Women’s Hospital, Boston. Mereka meyakini jika kandungan kafein dapat menghambat pertumbuhan “karsinoma sel basal (suatu kanker yang berasal dari epidermis bawah)”. Lebih dari 90% kanker kulit dikarenakan terpapar sinar matahari atau ultraviolet.
  • Kanker Prostat. Studi di Harvard School Public Health menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi kopi setiap hari memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah. Sebenarnya bukan dari kandungan kafein, melainkan dari zat asam fenolat dan antioksidan yang menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut.
Tali pita penyakit kenker

Simbol penyakit diabetes

Mencegah Diabetes

Kopi dapat mencegah diabetes tipe 2. Risiko Diabetes tipe 2 bagi para penikmat kopi 20-50% lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Hal ini dikarenakan oleh protein SHBG (Sex Hormone-Binding Globulin), yang berfungsi mengatur jenis kelamin, ternyata juga dapat mengatasi penyakit Diabetes tipe 2.

Mengatasi Alzheimer

Gambar alzheimer

Gambar alzheimer

Alzheimer merupakan kondisi kelainan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, dan juga perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang bersifat progresif atau perlahan-lahan. Dari sebuah penelitian mengungkapkan orang yang mengkonsumsi kopi lebih sedikit risiko terkena Alzheimer daripada yang tidak. Kebanyakan yang terkena kelainan ini adalah usia lanjut 65 tahun keatas.

Depresi

Wanita di bar kafe

Wanita di bar kafe

Kita mungkin pernah mengalami hal ini, saat mengalami depresi sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri. Iya, karena Depresi ini mempengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati (mood) dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Dengan Kopi, masalah depresi bisa diturunkan dengan adanya kandungan Kafein di dalamnya, yang membuat orang lebih tenang dalam menghadapi masalah dan aktif dan waspada.

Mencegah Parkinson

Simbol gambar penyakit parkinsons

Simbol gambar penyakit parkinsons

Parkinson merupakan kelainan penurunan kemampuan saraf nomor dua setelah Alzheimer. Penelitian menunjukan jika orang yang mengkonsumsi kopi memiliki risiko terkena Parkinson lebih rendah sekitar 30-60%.
Hal ini dikarenakan oleh kandungan kafein di dalam kopi.

Mungkin itu yang dapat kita sampaikan kepada para Sahabat kopi, jika ada masukkan silahkan berikan masukkan pada kolom komentar untuk membangun website ini untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.